Home » » 9 Strategi Bisnis dijejaring Sosial Media

9 Strategi Bisnis dijejaring Sosial Media

9 Point yang Harus diperhatikan saat menyusun strategi dijejaring sosial


Dalam menyusun strategi jejaring sosial untuk tujuan bisnis, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Bagi seorang pebisnis, penggunaan jejaring sosial hendaknya tidak sama cara penggunaannya dengan akun pribadi, yang dimana sang pemilik bisa seenaknya saja dalam mengungga konten sesuai suasana hati atau selera pemiliknya.

Seorang pebisnis harus bisa menempatkan mana yang untuk keperluan pribadi dan mana yang untuk keperluan bisnis. Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi khusus dalam melakukan aktifitas dijejaring sosial untuk keperluan bisnis. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para pengusaha dalam membuat strategi dijejaring sosial untuk pengembangkan usaha kita.

1.Tentukan Tujuan Secara Jelas
Jangan menyepelekan sebuah tujuan, karna tujuan yang jelaslah yang akan mendapatkan hasil yang memuaskan, jangan hanya puas dengan mencontek tujuan brand orang lain yang nampak bagus atau memang sudah bagus dijejaring sosial. Tentukan tujuan anda secara jelas dan detail untuk mengatur jalannya perusahaan anda. Jangan hanya meniru, karna meniru tidak menyelesaikan masalah, dan jika memang dibutuhkan untuk meniru. lakukan penyesuaian sehingga cocok untuk kondisi bisnis anda.

2. Tentukan Audiens Utama Anda
Bagi seorang pengusaha yang serius dalam melakukan pemasaran dijejaring sosial, pemilihan audiens secara terperinci (spesifik) sangat diperlukan. Anda memerlukan waktu untuk fokus dalam mencari audiens yang sesuai dengan mangsa produka anda, anda harus menetukan segmen yang ingin atau pas untuk menjual produk anda seperti membidik audiens berdasarkan kelompok usia, latar belakang pendidikan, kesenangan atau hobi, jenis gender dan sebagainya.

3. Mengamati
Mengamati adalah kunci utama dalam berjejaring sosial yang efektif, sebagian besar pebisnis meperlakukan jejaring sosial sebagai sebuah papan iklan gratis yang bisa diakses kapan saja dan mudah diunggahi konten apa saja yang sesuai dan mereka kehendaki. Tetapi berpromosi terus menerus bukanlah cara yang tepat dalam membangun interaksi untuk jangka panjang. Promosi harus diatur waktunya dan harus diimbangi dengan memberikan informasi dan konten yang bermanfaat bagi sesama pengguna jejaring sosial. Anda juga perlu mengetahui tempat dimana mereka biasa berkumpul dan berinteraksi dengan intens. Anda juga perlu mengamati (mengetahui) tentang sosok-sosok yang berpengaruh dikelompok atau disegmen tersebut.

4. Tentukan Fokus Anda
Tentukan dimana Anda ingin berpartisipasi dalam jejaring sosial? Anda tentu tidak bisa mengadakan kampanye jejaring sosial disemua situs social media yang ada didunia maya. Fokuslah pada platform, forum dan tempat diskusi yang paling banyak dan sesuai dengan target pasar produk anda. Itulah mengapa Anda perlu untuk mengamati jejaring sosial, karena dengan mengamati Anda bisa menggali informasi lebih banyak untuk menentukan fokus utama dalam mencari jejaring sosial yang hendak anda target.

5. Periksa Rutin Akun Jejaring Sosial Bisnis Anda
Lakukan pemeriksaan bersekala disetiap akun-akun jejaring sosial yang anda miliki untuk mengetahui dan memastikan seberapa handal atau benar informasi yang disajikan didalam jejaring sosial tersebut.

6. Tentukan Intonasi Anda
Cara berkata-kata dalam berkomunikasi akan menentukan dan menunjukan kepribadian anda yang bisa ditangkap oleh lawan interaksi kita. Oleh karna itu, kita harus bisa menata nada atau intonasi kita dalam berkata-kata (berkomunikasi).

7. Selaraskan dengan Profil Online Anda
Jika anda sudah memiliki situs atau website resmi untuk bisnis anda, maka hubungkanlah situs atau website anda dengan akun jejaring sosial anda untuk melakukan pemasaran secara Continue. pastikan anda memiliki rencana cadangan yang siap dijalankan untuk melakukan pemasaran secara continue.

8. Libatkan Semua Unsur
Pastikan semua elemen dalam perusahaan mendukung kampanye jejaring sosial bisnis anda. Jangan abaikan peran divisi sumber daya manusia, humas, keamanan, web, legal, dan sebagainya. Diskusikan bersama konten apa yang harus dan pas untuk dipublikasikan di jejaring sosial. Ini penting agar tidak terjadi kesalah pahaman antar anggota diperusahaan kelak.

9. Ukur Kesuksesan Anda
Setelah melakukan suatu pekerjaan tertentu, jangan lupa mengukur dan mengevaluasinya. Pengukuran bisa berupa metrics yang kemudian dihubungkan dengan tujuan utama yang dibentuk diawal. Apakah tujuan itu tercapai atau tidak?, dan untuk mengetahui dan berintropeksi mengenai perjalanan perusahaan anda.

Demikian ilmu yang bisa KenzBlogz.Com sharing saat ini. yaitu 9 point yang harus diperhatikan saat menyusun strategi jejaring sosial bisnis.
seperti biasa, 9 point itu tidak akan bisa sesuai dengan keinginan anda, tidak akan bisa melejitkan penjualan anda jika tidak dibarengi dengan sebuah action. So, Take Action to Make a Miracle Happen.
Regards
Related Post :
6 Strategi Terbaru dalam Dunia Online
Share this on your favourite network

0 comments:

Post a Comment

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS